Skip to main content

Vertebrata : Ikan Pari (Dasyatis Sp)


Vertebrata : Ikan Pari (Dasyatis Sp)

Lina Nur Amalina
Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
NIM: T20158005
ABSTRAK
Ikan pari tergolong pada hewan vertebrata yang berasal dari filum Chordata yang tinggal di perairan air asin atau tinggal di lau. Ada beberapa yang mengatakan bahwasannya ikan pari merupakan hasil evolusi dari ikan hiu yang telah beradaptasi dengan perairan dalam air laut. Dalam pratikum pengamatan ini dilakukannya pengamatan terhadap bentuk morfologi dari ikan pari yang didapati dari TPI Puger Jember yang umurnya tergolong muda karena bentuk tubuhnya yang kecil. Proses pengamatan menggunakan beberapa alat sederhana seperi papan seksi, alat seksi, glove, masker, kamera dan lembar pengamatan. Didapati bahwa ikan pari ini dari spesies Dasyatis Sp. Dengan bagian tubuh yang paling menonjol dan dapat secara mudah d kenali yaitu memiliki tubuh yang lebar dengan mata yang berada diatas tubuh dan mulut serta insang yang berada pada bagian bawah tubuh dan juga memiliki duri pada bagian tengan ekornya yang sangat panjang.

Kata kunci: Ikan pari,/Vertebrata/Chordata/tubuh lebar.

.


PENDAHULUAN
Tuhan menciptakan makhluknya bermacam-macam, dengan bentuk dan lingungan hidupnya yang beragam pula. Alloh SWT dalam Al-Qur’an juga telah menyebutkan atau telah menjelaskan mengenai hewan air. Hal tersebut telah di jelaskan dalam sebuah surat, salah satunya ialah pada surah Al- A’raf ayat : 163
وَاسْأَلْهُمْ عَنِ الْقَرْيَةِ الَّتِي كَانَتْ حَاضِرَةَ الْبَحْرِ إِذْ يَعْدُونَ فِي السَّبْتِ إِذْ تَأْتِيهِمْ حِيتَانُهُمْ يَوْمَ سَبْتِهِمْ شُرَّعًا وَيَوْمَ لَا يَسْبِتُونَ ۙ لَا تَأْتِيهِمْ ۚ كَذَٰلِكَ نَبْلُوهُمْ بِمَا كَانُوا يَفْسُقُونَ
Artinya:
Dan tanyakanlah pada Bani Israil tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada disekitar) mereka terapung dipermukaan air, dan dihari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik.
Vertebrata ialah sub filum dari Chorddata yang memiliki anggota yang cukup besaar yang paling dikenal. Tubuh dibagi menjadi tiga bagian yang cukup jelas: kepala, badan, ekor (www.pdffactory.com 06 mei 2018). Vertebrata juga memiliki beberapa tipe jaringan otot. Diantaranya ialah otot polos atau otot visceral, otot rangka dan otot jantung. Selain memiliki beberapa macam otot hewan vertebrata juga telah memiliki sistem pencernaan yang komplit seperti mulut, lidah, gigi, faring, esofagus, lambung, usus, kloaka atau rectum dan anus.peredaran darahnya tertutup yang terdiri atas jantung, pembuluh darah kapiler, arteri, dan vena.
Dalam praktikum kali ini akan diulas mengenai hewan vertebrata yaitu ikan pari. Perairan laut Indonesia dikenal memiliki biodiversitas sangat tinggi. Salah satu biota yang diduga diversitas jenisnya tinggi dan mempunyai nilai ekonomi adalah ikan pari. Ikan ini dikenal juga sebagai ikan batoid, adalah sekelompok ikan bertulang rawan dari urdo RAJIFORMES yang terdiri dari 8 famili, 49 genus dan 315 jenis (NELSON 1976). Menurut van HOEVE (1992), ikan pari yang sudah diketahui saat ini ada 340 jenis, terdapat di seluruh perairan tropis, subtropis dan daerah iklim sedang. Di Indonesia, diversitas jenis ikan pari belum diketahui secara pasti, termasuk mengenai potensi, distribusi, ekologi, behavior, reproduksi dan aspek-aspek biologinya (Nurdin Manik:2003).
Menurut van HOEVE dalam sebuah jurnal  Nurdin Manik:2003 menjelaskan bahwa berdasarkan teori evolusi ikan pari merupakan cabang dari ikan hiu yang telah beradaptasi dengan kehidupan dasar laut. Tekanan air lautlah yang menjadi faktor utama merangsang dan mengarahkan arus evolusi ikan pari. Bergesernya celah insang kesisi bawah tubuh tidak hanya memungkinkan mampu lepas landas dengan "daya dorong semburan", tetapi juga memungkinkan sirip dadanya dapat terbentang di sekitar kepala sehingga terciptalah ikan pari zaman modern dengan sirip dada mirip sayap.



METODE PENELITIAN
Dalam proses prktikum pengamatan yang dilakukan terhadap ikan pari ini membutuhkan beberapa alat dan bahan untuk menunjang keberlangsungan dari proses pengamatan. Alat-alat yang digunakan atau yang dibutuhkan ialah papan seksi, alat seksi, kamera handphone, alat tulis, penggaris, glove, dan masker. Sedangkan untuk bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu ikan pari yang didapati dari TPI Puger Jember.
Praktikum pengamatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 24 Mei 2018 yang dilaksanakan di lantai dua laboratorium terpadi FTIK IAIN Jember. Pada proses pengamatan ini ikan pari yang telah disiapkan di identifikasi dari bentuk, panjang lebar dan bagian-bagiannya sambil direkam dengan sebuah gambar.


HASIL
Dari praktikum perrcobaan yang telah dilakukan didapati beberapa hasil pengamatan sebagai berikut:

Tabel 1. Karakter Morfologi dan kelas Insekta
No
Spesies
Keterangan Morfologi (hasil pengamatan)
1.
Ikan Pari (Dasyatis S)
·         Hidup dilaut
·         Kelamin male
·         Warna hitam
·         Bentuk tubuh yang melebar
·         Memiliki sirip dada yang melebar dan menyatu dengan sisi kanan kiri di kepalanya
·         Umumnya memeliki ekor yang sangat panjang dan menyerupai cambuk
·         Ekornya dilengkapi dengan duri yang beracun
·         Memiliki celah insang, mulut, anus serta clasper
·         Mata ikan pari terletak pada bagian kepala bagian samping
·          Bentuk dan posisi mulutnya ventral
·         Alat pernapasan berjumlah 5-6 pasang, yaitu berupa celah insang yang terletak dibawah mulut bagian ventral.
·         Panjang ekornya 13 cm
·         Panjang duri ekor 0,6 cm
·         Lebar mulut 0,6 cm

Ikan pari yang dijadikan bahan pengamatan memiliki klasifikasi sebagai berikut:
Kingdom         : Animalia
Filum               : Chordata
Kelas                : Chondrichthyes
Ordo                : Myipobabiformes
Famili              : Dasyatidae
Genus              : Dasyatis
Spesies             : Dasyatis Sp.
Gambar 1. Bagian Anus (kloaka)

Gambar 2. Bagian Mulut, celah insang

Gambar 3. Hasil Identifikasi




PEMBAHASAN

Ikan prai merupakan golongan dari filum Chordata dari Vertebrata yang di didentifikasi sebagai hasil evolusi dari ikan hiu. Hal tersebut dijelaskan oleh Nurdin Manik:2003 dalam jurnalnya. Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwasannya ikan pari yang diamati termasuk pada kelamin jantan dan masih berumus sangat muda diihat dari ukuran tubuhnya. Ia memiliki sepasang mata yang ada di kepalanya dengan tubuh yang lebar dan mulut nya berada pada bagian bawah tubuhnya dengan disamping mulutnya ada 5-6 celah insang. Ikan pari ini memiliki ekor yang panjang, dan lebih panjang dari ukuran tubuhnya serta memiliki duri yang mengandung racun dibagian tengah dari ekornya.


SIMPULAN
Ikan pari merupakan golongan dari vertebrata dari filum Chordata dengan tubuh yang mirip dengan hiu namun tubuhnya lebar. Sebab itu ada yang mengatakan bahwa ikan pari merupakan hasil evolusi dari ikan hiu karena telah beradaptasi dengan lingkungan bawah laut yang dalam. Dengan tubuh yang lebar dan bagian mulut yang berada dibawah serta memiliki celah insang d sekitar mulutnya. Dan untuk pertahanan dirinya ia memiliki duri di bagian tengah ekornya yang panjang dengan panjan duri beracunnya yaitu sekitar 0,6 cm.

DAFTAR PUSTAKA
Manik. Nurdin. 2003. Beberapa Catatan Mengenai Ikan Pari. Oseana: Volume XXVIII, Nomor 4, 2003: 17-23
Utami. Mutiara Nurul Syam, dkk. 2014. Studi Ikan Pari (Dasyatis Sp) di TPI Tasik Agung Rembang. Journal Of Marine Research: Volume 2, Nomor 3, Tahun 2014, Halaman 79-85


Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH PERAN IQ, EQ, SQ, CQ, AQ DALAM PENGEMBANGAN PROFESI GURU

MAKALAH PERAN IQ, EQ, SQ, CQ, AQ DALAM PENGEMBANGAN PROFESI GURU Makalah ini disusun   untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Biologi Yang diampu oleh Ibu Heni Setyawati, S.Si., M.Pd.   Disusun oleh :   kelompok 10 1.       Lina Nur Amalina                    (T20158005) 2.       Jannatul Laeli                           (T20158027)   PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBE R Maret, 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Allah Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan HidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana dengan judul Peran IQ, EQ, SQ, CQ, AQ dalam Pengembangan Profesi Guru, semoga makalah ini dapat di pergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk, maupun pedoman bagi pembacanya. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kiranya penulis dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih k

Mofologi, Klasifikasi, kunci identifikasi dan dendogram Mollusca dan Echnodermata

Molusca dan Echinodermata Lina Nur Amalina Tadris Biologi , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember NIM: T20158005 ABSTRAK Praktikum Pengamatan yang dilakukan pada hari Senin tanggal 16 April 2018 yang dilakukan di laboratorium terpadu FTIK IAIN Jember yaitu mengamati morfologi dari kelas Echinodermata dan Mollusca. Dalam pengamatan ini dilakukan terhadap beberapa spesimen pada masing-masing kelas yaitu pada Mollusca spesies yang diamati yait, bekicot, cumi-cumi- dan kerang air tawar/ kijing. Sedangkan pada Echinodermata menggunakan empat spesies yaitu landak laut, babi laut, tripang, dan bintang ular. Yaitu dengan menggunakan metode pengamatan morfologinya saja jadi hanya memerlukan beberapa alat seksi, papan seksi, kamera, lemar pengamatan dan alat tulis. Hasil yang didapati yaitu bahwa dari kedua kelas tersebut banyak sekali perbedaan namun juga ada bebepa persamaan. Kata kunci: Mollusca ; Echinodermata ; Kelas; spesies

Klasifikasi, Morfologi, Cladogram dan FilogenikFamily Tikus (Rattus)

MAKALAH FAMILY RATTUS Makalah ini disusun   untuk memenuhi tugas mata kuliah Taksonomi Hewan Yang diampu oleh Bapak Husn Mubarok S.Pd, M.Si Disusun O leh Lina Nur Amalina                    (T20158005)   PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBE R Maret, 2018 Kata Pengantar Puji   syukur   kami ucapkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat , taufik serta hidayah Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Family Rattus”   tanpa halangan yang berarti.       Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas kelompok dalam mata kuliah Ilmu Pendidikan di semester ganjil. Makalah ini diperoleh dari berbagai sumber, seperti buku dan internet. Penulis menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan penulis juga mengharapkan kritik dan sarannya dari semua pihak terutama pembaca untuk hasil yang lebih baik pada Makalah selanjutn